Pengertian SCM

Pengertian SCM - Selamat datang di situs kami yang membahas tentang Pelet, Artikel yang akan kamu baca pada halaman ini berjudul Pengertian SCM, Semoga isi tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkannya. Artikel ini memang khusus membahas mengenai yang kami tulis kali ini dapat anda petik manfaatnya. baiklah, selamat membaca dan bila berminat dengan beragam keilmuan kami silahkan pesan sekarang juga.

Judul : Pengertian SCM
link : Pengertian SCM

Baca juga


Pengertian SCM

Supply Chain Management adalah manajemen dalam hubungan organisasi dimana setiap organisasi mempunyai jalur hubungan dengan lainya secara upstream maupun downstream dengan proses yang berbeda untuk menghasilkan nilai dalam bentuk barang atau jasa untuk konsumen. (Slack, Chambers, & Johnston,2001).
Menurut Simchi-Levi (2003) Tujuan dari teknologi informasi dalam SCM adalah :
  • Menyediakan informasi pelet yang berguna dan nyata
  • Memungkinkan untuk kontak data tunggal
  • Memberikan keputusan berdasarkan total informasi supply chain
  • Memungkinkan kerjasama dengan supply chain patner
Akhir-akhir ini, konsep SCM telah menjadi paradigma yang populer. Akibat adanya perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi (ICT) yang memuat didalamnya teknologi perpindahan data elektronik (EDI), internet dan Word Wide Web (WWW), kompleksitas dari sistem SCM meningkat. Meningkatnya komlpleksitas SCM juga dipengaruhi oleh perusahaan yang melakukan kegiata bisnis secara online (E-Commerce).
Peran teknologi informasi dalam SCM adalah mengurangi selisih biaya transaksi antar  supply chain patner dan biaya dalam mendapatkan aliran informasi. Dengan kata lain, teknologi informasi lebih mempunyai peran dalam mendukung kolaborasi dan koordinasi supply chain melalui pemanfaatan bersama informasi. Teknologi informasi juga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Dalam hal inilah, dibutuhkan kekuatan analitis dari komputer untuk menyediakan bantuan untuk mengambil keputusan. Teknologi Informasi mempunyai peranan penting dalam mendukung kinerja perusahaan yaitu akan menciptakan strategi yang bermanfaat dengan memungkinkan perencanaan strategi secara terpusat dengan operasi terpusat. Teknologi informasi mempunyai dampak yang sangat besar dalam SCM.

1.1. Strategic Planning IT
Seperti yang dijelaskan pada gambar 1, peran dari manajemen tingkat atas sangat penting dalam membuat strategi dan keputusan berdasarkan fakta dan data. Jaman globalisasi menuntuk untuk menerapkan teknologi informasi dalam proses bisnis. Tentu saja penerapan teknologi informasi dalam sistem SCM, tidak hanya diterapkan dalam bentuk software saja tetapi juga dilakukan perubahan dalam proses bisnis dan cara kerja perusahaan.  Dalam membuat perubahan sangat penting untuk berinvestasi baik dalam dana maupun orang yang memiliki kemampuan. Apabila sebuah perusahaan tidak menerapkan Teknologi Informasi dalam kegiatan mereka, sangat dimungkinkan beberapa tahun kedepan perusahaan tersebut akan kehilangan posisi dalam pasar. Tentu saja dalam penerapan Teknologi Informasi dalam proses bisnis terutama dalam SCM perlu adanya strategi yang efektif akan perusahaan dapat berkembang dan tidak kehilangan posisi dalam pasar. Beberapa strategi tersebut adalah :
  1. Perusahaan menerapkan teknologi informasi dalam proses kecepatan delivery barang atau jasa serta kualitas dari pelayanan
  2. Perusahaan menerapkan teknologi informasi untuk mengembangkan performa supply chain dengan berusaha mendapatkan kebutuhan finansial dan dukungan dari pemerintah
  3. Penggunaan teknologi informasi untuk meminimalkan biaya dengan menggunakan Internet dalam proses supply chain
  4. Perusahaan berusaha mengembangkan e-commerce untuk menciptakan image yang baik bagi pelanggan
1.2. Virtual Enterprise(VE)
Pengembangan  Virtual Enterprise merupakan salah satu hal terpenting dalam menerapkan teknologi informasi dalam SCM. Tanpa adanya penggunaan teknologi informasi, sangat sulit untuk mengembangkan VE karena Virtual Enterprise terdiri atas kolaborasi beberapa perusahaan yang menawarkan produk dan jasa yang berbeda dengan penerapan teknologi serta sistem yang berdeba pula tergantung corebisnis perusahaan. Sebelum menerapkan  Virtual Enterprise dalam proses bisnis, perusahaan harus melakukan evaluasi mengenai sistem teknologi supply chain apakah mendukung untuk diintegrasikan dengan teknologi supply chain perusahaan patner.

1.3. E-Commerce
Dampak adanya e-commerce dalam SCM adalah meluasna fasilitas dalam komunikasi dalam organisasi serta mengurangi waktu proses dan berkembangnya kerja sama. E-commerce menyediakan kesempatan bagi sebuah organisasi untuk meluaskan pasar mereka ke seluruh dunia sehingga dapat menaikan tingkat permintaan dalam penggunaan barang atau jasa. Hal ini membutuhkan SCM yang efektif salah satunya dengan menerapkan VE dan Enterprise Rosource Planning (ERP). tren saat ini dalam proses bisnis adalah e-commerce yang diterapkan dalam proses Business-to-Consumen (B2C), Business-to-Businnes(B2B), dan Costumer-to-Costumer(C2C). Dalam meningkatkan proses komunikasi antara supplier dan costumer sangat diperlukan penggunaan internet, web, EDI.

1.4. Infrastructure
Sejak kebutuhan terhadap kecepatan pelayanan internet untuk memproses banyak data, banyak Internet Service Provider(ISP) yang menawarkan kecepatan internet yang tinggi sehingga dalam menjalankan sistem informasi berbasis teknologi informasi tidak lambat dan pelanggan tidak menunggu terlalu lama. Memang dalam mengembangkan infrastuktur membutuhkan investasi dalam pelayanan internet, pengembangan dan pembaharuan web site sehingga diperlukan strategi dalam proses bisnis seperti bekerja sama dengan perusahaan yang bekerja dalam bidang teknologi informasi atau perusahaan lainya yang dapat memcahkan masalah.

1.5. Knowledge dan IT Management (KM)
KM telah menjadi salah satu hal penting dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam proses dan lingkungan bisnis untuk memperoleh data dan informasi yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan dan strategi perusahaan. Dalam menerapkan KM diperlukan perencanaan, koordinasi dan pengontrolan aktifitas.

1.6. Implentation IT
Dalam melakukan implementasi untuk mendapatkan kecepatan dalam suppy chain diperlukan tim yang kuat yangmengetahui kunci dan pengetahuan teknologi informasi. Dokumentasi yang rapih sangat diperlukan dalam membuat perencanaan dan pengembangan teknologi dalam supply chain.Pengeri


Sekian Artikel kami kali ini tentang Pengertian SCM

Semoga artikel Pengertian SCM bisa berguna untuk kita semua, dapat membantu sebagai petunjuk bagi yang membutuhkannya. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel kami yang lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian SCM dengan alamat link https://ilmupeletbirahi.blogspot.com/2015/09/pengertian-scm_26.html
Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

DAFTAR KEILMUAN

ads

    Mahar: Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah)
    Keterangan: Paket 30 Ilmu Pelet Paling Ampuh berisi 30 jenis keilmuan pelet tingkat tinggi asli Nusantara yang sudah terbukti ampuh untuk berbagai persoalan cinta asmara dan keluarga, kami berikan lengkap 30 jenis keilmuan berbeda ini kepada anda disertai khodam keilmuan yang diambil dari ayat – ayat mahabah pilihan sehingga aman di gunakan oleh siapapun tanpa resiko sama sekali.

    Mahar: Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) + ongkos kirim sesuai alamat anda
    Keterangan: Paket Ilmu Sapu Angin Khizib Bayu adalah suatu keilmuan yang sangat luar biasa, hanya dengan satu keilmuan ini bisa mengeluarkan berbagai fungsi yang sangat menakjubkan, seperti memindahkan awan hujan, berkomunikasi dengan ruh seseorang yang sedang tertidur, pengasihan, melancarkan rizky, kekebalan dan kesaktian, pagar ghoib, berkomunikasi dengan khodam, melakukan pengisian azimat, menghilang dari pandangan musuh, menundukkan hewan buas dan masih banyak lagi fungsi menakjubkan lainnya. Tanpa ritual atau puasa. Menggunakan pengisian dari kami melalui garam rajah dan asmak yang akan kami kirimkan kealamat anda.

    Mahar: Rp. 101.000 (seratus seribu rupiah) + ongkos kirim sesuai alamat anda
    Keterangan: Paket Minyak Rajah Al Karomah 1001 Khasiat merupakan minyak yang kami isi menggunakan energi beberapa jenis keilmuan hikmah dan khizib serta ayat – ayat dan doa tertentu yang sangat mustajab. Fungsi dari satu jenis minyak rajah ini setara dengan belasan jenis minyak yang biasa di jual di tempat para praktisi supranatural. Multi fungsi dan kami juga akan ajarkan anda untuk bisa melakukan isi ulang minyak tersebut. Mahar sangat terjangkau hanya sebagai pengganti biaya minyak dan mahar prosesi serta ongkos kirim saja.

    Mahar: Rp. 77.000 (tujuh puluh tujuh ribu rupiah)
    Keterangan: Paket 30 Jenis Ilmu Kesaktian & Kekebalan berisi 30 jenis ilmu kesaktian dan juga kekebalan tingkat tinggi dengan tuah ampuh luar biasa asli peninggalan nenek moyang Nusantara. Dari ilmu kebal terhadap benda tumpul, pukulan, dan senjata tajam serta peluru. Bisa membuat kaku seperti patung orang yang menyerang kita, halimunan, rawarontek dan masih banyak lagi keilmuan ampuh sakti dan terbukti luar biasa tuahnya ini. Kami buatkan khodam khusus untuk anda dan 30 jenis keilmuan tersebut akan menjadi milik anda semuanya.

    Mahar: Rp. 79.000 (tujuh puluh sembilan ribu rupiah)
    Berisi teknik dalam melakukan gurah hidung dan pernafasan lengkap dengan tata caranya step by step aman dan alami, diajarkan juga cara membuat ramuan gurah tradisional yang alami dan mujarab.

    Mahar: Rp. 977.000 (sembilan ratus tujuh puluh tujuh ribu rupiah)
    Berupa minyak bulu perindu yang sudah di berikan tambahan khusus berupa energi ilmu hikmah dan khizib serta doa doa mustajabah. Anda juga akan di berikan bonus spesial berupa seluruh paket keilmuan yang ada dalam situs ini secara Gratis.

    Mahar: Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah)
    Paket ini berupa garam rajah dan minyak untuk prosesi ruwatan anda dan keluarga maksimal 7 orang, bisa untuk tempat usaha rumah dan lainnya, sangat ampuh menghilangkan berbagai sengkolo dan kesialan dalam kehidupan.